Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Darurat TBC, Kasus Aktif Tembus Nyaris 1 Juta

Elisa Valenta
19 July 2023 08:20

Komisi IX DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Tangkapan Layar TV Parlemen via Youtube DPR RI)
Komisi IX DPR RI Rapat Kerja dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. (Tangkapan Layar TV Parlemen via Youtube DPR RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini Indonesia merupakan negara dengan pengidap TBC terbesar kedua di dunia setelah India dengan jumlah kasus diperkirakan mencapai 969 ribu.

Pemerintah terus berupaya mempercepat eliminasi tuberkulosis atau TBC di tanah air. Hal ini dilakukan melalui berbagai langkah, mulai dari menggencarkan surveilans atau deteksi, pengobatan, hingga pemberian vaksin.

“Di Indonesia, diestimasi setiap tahun ada 969 ribu masyarakat kita yang terkena TBC. Sampai sebelum COVID-19, paling banyak bisa teridentifikasi 545 ribuan, jadi sisanya tuh 400 ribu enggak terdeteksi, padahal ini penyakit menular bisa menular ke mana-mana,” ujar Budi dilansir dari laman Sekretariat Kabinet, Rabu (19/7).

Ia menegaskan, di tahun 2022 pemerintah mengakselerasi deteksi TBC sehingga pada tahun tersebut kasus terdeteksi mencapai 720 ribu pengidap atau meningkat dari sebelum pandemi COVID-19 yang hanya terdeteksi sekitar 545 ribu pengidap.

“Sekarang dengan agresivitas dari program pemerintah, naik, yang ketemu atau yang terdeteksi naik menjadi 720 ribu. Kita harapkan sampai 2024 nanti, 90% dari estimasi yang 969 ribu bisa ketemu atau bisa terdeteksi,” imbuhnya.