Logo Bloomberg Technoz

Putin Ancam Balas Dendam Ledakan Krimea, Ukraina Diserang Drone

News
18 July 2023 17:35

Jembatan Krimea (Dok. Bloomberg)
Jembatan Krimea (Dok. Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg,  Ukraina dan Rusia saling tuduh melakukan serangan menggunakan pesawat tak berawak (drone). Beberapa jam sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin bersumpah akan membalas dendam atas serangan yang merusak jembatan di Krimea.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan 28 drone yang diklaim milik Ukraina berusaha menyerang fasilitas di Krimea dalam salah satu serangan drone paling intens sejak perang dimulai. Berdasarkan pernyataan kementerian via Telegram, semua drone berhasil dijatuhkan dan tak ada laporan soal kerusakan atau cedera.

Kini, pejabat Ukraina mengatakan mereka telah menjatuhkan 31 drone di wilayah selatan Odesa dan Mykoliayix, dan mencegat enam rudal Kalibr yang diluncurkan dari Laut Hitam. Pejabat regional mengatakan sebuah fasilitas industri di wilayah selatan Mykolayiv diserang oleh Rusia, dan salah satu rudal telah merusak fasilitas infrastuktur di pelabuhan Odesa.

Serangan yang terjadi di Ukraina terjadi beberapa jam setelah Putin mengancam akan menyerang negara tersebut pada Senin (17/7/2023) sebagai pembalasan atas ledakan yang merusak jembatan Rusia sepanjang 19 kilometer, yang menghubungkan Rusia ke Krimea melintasi Selat Kerch.