Logo Bloomberg Technoz

Kemenkeu Klaim Angka Kemiskinan di Indonesia Turun Berkat Bansos

Arif Subakti
18 July 2023 16:35

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu (tengah) dalam acara taklimat Media di Jakarta, Rabu (31/5/2023).
Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu (tengah) dalam acara taklimat Media di Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Keuangan mengklaim program bantuan sosial (Bansos) yang selama ini dikucurkan oleh pemerintah mampu mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. 

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada periode September 2022 hingga Maret 2023 tingkat kemiskinan mengalami penurunan baik dari segi jumlah maupun presentase. Menurut BPS tingkat kemiskinan melanjutkan tren penurunan menjadi 9,36% per Maret 2023 di mana sebelumnya angka kemiskinan sempat menyentuh dua digit akibat pandemi Covid-19. 

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan penurunan angka kemiskinan ini didukung oleh penyaluran Bansos serta insentif perlindungan sosial bagi masyarakat yang kurang mampu.

“Penyaluran Bansos Triwulan I 2023 juga efektif dengan realisasi Program Keluarga Harapan (PKH) mencapai 89,3%, sementara Kartu Sembako mencapai 86,5%. Pada Maret 2023, Pemerintah juga menggulirkan tambahan bantuan pangan beras dalam rangka menjaga akses pangan rumah tangga miskin dan rentan serta menjaga stabilitas harga pangan,” jelas Febrio dikutip Selasa (18/7).

Hingga saat ini, lanjut Febrio, realisasi dari berbagai program sosial juga terus dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat.