Logo Bloomberg Technoz

Gelombang Panas Ekstrem Eropa Picu Kebakaran Hutan Yunani

News
18 July 2023 17:15

Kebakaran hutan di Yunani. (Sumber: Bloomberg)
Kebakaran hutan di Yunani. (Sumber: Bloomberg)

Priscila Azevedo Rocha - Bloomberg News

Bloomberg, Panas ekstrem yang menyelimuti Mediterania akan mencapai puncaknya di beberapa bagian Italia pada Selasa (18/7/2023). Hal ini memicu peringatan karena suhu mendekati titik tertinggi sepanjang masa di Eropa yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan di Yunani.

Suhu diperkirakan mencapai 45 derajat celcius di beberapa bagian Sisilia, sedikit di bawah rekor panas yang pernah dicapai di Eropa pada tahun 2021 yaitu 48,8 derajat celcius di Sirakusa Italia. Kementerian Kesehatan Italia telah memperingatkan gelombang panas darurat di 20 kota besar, termasuk Roma dan Florence.

Suhu panas di Eropa Selatan. (Sumber: Bloomberg)

Gelombang panas di Eropa selatan juga terjadi di belahan bumi utara karena pemanasan global memicu cuaca ekstrem terjadi di Amerika Serikat (AS) hingga China. Kebakaran hutan yang terjadi di Athena pada Senin (17/7/2023) menghancurkan sejumlah rumah. Sementara asap dari kebakaran hutan di Kanada membahayakan kesehatan warga New York dan Washington.

Kebakaran hutan yang terjadi di dekat Athena berhasil dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran menggunakan jet dan helikopter. Akan tetapi gelombang panas berdampak pada infrastruktur transportasi dan energi di seluruh wilayah.