Logo Bloomberg Technoz

Misteri Hilangnya Menlu Qin Gang China Selama 3 Pekan

News
18 July 2023 14:05

Menteri Luar Negera China Qin Gang. (Dok Bloomberg)
Menteri Luar Negera China Qin Gang. (Dok Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Sudah tiga pekan ini Menteri Luar Negeri (Menlu) China Qin Gang tak muncul di depan publik. Namanya seakan-akan hilang dari media pemerintah dan website kementerian. Hal ini memicu kekhawatiran akan menyusutnya akses informasi di China.

Berdasarkan catatan pemerintah, absen terlama pria yang dianggap sebagai bintang baru dalam politik China ini hanya delapan hari selama Liburan Tahun Baru Imlek.

Terakhir kali Qin Gang terlihat di depan publik pada 25 Juni, ketika ia bertemu dengan pejabat dari Sri Lanka, Rusia, dan Vietnam. Setelahnya, ia melewatkan beberapa acara diplomatik besar. Total sudah 23 hari mantan Duta Besar China untuk Amerika Serikat (AS) ini menghilang.

Menteri Luar Negeri China Qin Gang (Sumber: Bloomberg)

Beberapa acara diplomatik besar yang dilewatkannya adalah pertemuan internasional para menteri luar negeri di Indonesia minggu lalu. Kemarin, Presiden Xi Jinping hanya didampingi Wang Yi, menteri luar negeri sebelumnya, dan wakti menteri luar negeri Ma Zhaoxu saat bertemu dengan mantan Presiden Filipina Rodrigo Duterte di Beijing. Sehari kemudian, utusan iklim AS, John Kerry, diterima oleh Wang Yi.