Logo Bloomberg Technoz

Skandal Korupsi Nodai Citra Pemerintah Bersih Singapura

News
18 July 2023 15:35

Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong. (Sumber: Bloomberg)
Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong. (Sumber: Bloomberg)

Philip J. Heijmans dan Faris Mokhtar - Bloomberg News

Bloomberg, Partai Aksi Rakyat atau People's Action Party (PAP) yang berkuasa di Singapura sudah lama mengandalkan reputasi pemerintahan yang bersih untuk memenangkan pemilu dan menarik modal dari seluruh dunia. Namun serangkaian skandal menjadi ujian bagi Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong yang sedang bersiap untuk transisi kekuasaan ke pemimpin baru.

Pekan lalu, Menteri Perhubungan Singapura S. Iswaran ditangkap terkait dugaan kasus korupsi. Skandal ini merupakan insiden pertama yang melibatkan seorang anggota kabinet selama hampir 40 tahun. 

Selain itu, ketua parlemen dan seorang anggota parlemen memutuskan untuk mengundurkan diri karena perselingkuhan pada Senin (17/7/2023).

Sejumlah mantan pejabat partai dan anggota parlemen yang diwawancarai oleh Bloomberg menyebut skandal-skandal tersebut berdampak pada reputasi PAP menjelang pemilu presiden yang akan digelar kurang dari tiga bulan lagi. Akan tetapi, tak satu pun dari mereka mengatakan partai tersebut akan kalah dalam pemilihan umum.