Logo Bloomberg Technoz

PIS Alokasikan US$250 Juta untuk 30 Kapal Baru dalam 3 Tahun

Wike Dita Herlinda
18 July 2023 12:35

Kapal Gas Arjuna milik PT Pertamina International Shipping (PIS). (Dok. PIS)
Kapal Gas Arjuna milik PT Pertamina International Shipping (PIS). (Dok. PIS)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina International Shipping (PIS) mengalokasikan 30% dari belanja modal anualnya untuk penambahan 30 kapal carrier milik sendiri dalam tiga tahun ke depan, seiring dengan proyeksi makin tingginya permintaan minyak dunia dalam beberapa tahun mendatang.

Direktur Utama  PIS Yoki Firnandi mengatakan saat ini anak usaha PT Pertamina (Persero) itu telah mengoperasikan sekitar 300 kapal di  seluruh dunia. Dari jumlah tersebut, 98 di antaranya merupakan milik perusahaan, sedangkan sisanya sewa.

“Kami berekspektasi dalam beberapa tahun ke depan [jumlah kapal yang dioperasikan PIS] akan terus tumbuh. Ada kebutuhan untuk menggantikan kapal yang sudah tua dan juga untuk menambah. Kalau kami mengalkulasi, dalam 3 tahun ke depan, kapal kami bisa mencapai 110 yang milik sendiri. Jadi kami merencanakan kurang lebih tambahan 30 kapal dalam 3 tahun ke depan,” ujarnya kepada Bloomberg Technoz, belum lama ini.

Terkait dengan investasi untuk penambahan armada, Yoki mengaku perusahaan belum menetapkan angka final. Akan tetapi, untuk 2023 saja, belanja modal atau capital expenditure (capex) yang disiapkan perseroan mencapai sekitar US$800 juta.

“Belanja modal kami untuk investasi  dibutuhkan kurang lebih hampir US$800 juta [per tahun], di mana belanja untuk kapal kurang lebih sekitar 30% di antaranya. Jadi sekitar US$250 juta untuk tahun ini saja untuk pembelian kapal,”  jelasnya.

Penambahan kapal tanker medium range (MR) PT Pertamina International Shipping (PIS). (Dok. PIS)