Logo Bloomberg Technoz

Namun, setelah putusan pengadilan XRP, investor juga menyerbu token lainnya. Volume spot SOL naik 72% pada 14 Juli dibandingkan rata-rata harian untuk bulan tersebut sejauh ini, sedangkan untuk ADA volumenya naik tiga kali lipat, menurut angka CoinGecko.

Sementara itu, Bitcoin yang dipandang sebagai komoditas oleh SEC, dan karenanya tak menghadapi tuntutan hukum, juga mengalami peningkatan volume perdagangan. Lebih dari US$21 miliar token berpindah tangan pada 14 Juli dan hari berikutnya, sekitar 70% di atas rata-rata harian bulan ini.

Prediksi Bitcoin Standard Chartered (Sumber: Bloomberg)

“Kami melihat peningkatan material dalam volume, dan tanda-tanda awal peningkatan sentimen terhadap altcoin,” kata Richard Galvin, salah satu pendiri di Digital Asset Capital Management. Altcoin adalah koin-koin yang lebih kecil di luar Bitcoin. “Itu adalah hal pertama yang membuat altcoin unggul dalam beberapa bulan.”

Caroline Mauron, salah satu pendiri penyedia likuiditas derivatif aset digital Pasar OrBit mengatakan putusan pengadilan itu adalah kemenangan langsung untuk Ripple dan memicu reli besar-besaran untuk XRP dan banyak token lainnya, tetapi kemudian sedikit mereda.

Reli XRP lebih dari 50% selama lima hari terakhir adalah yang terbesar di antara token lainnya yang lebih besar. Koin diperdagangkan sekitar 73 sen pada pukul 15:24. di New York pada Senin (17/07/2023) menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. 

Bitcoin melonjak melewati US$31.000 setelah sentimen putusan itu memudar. Aset digital terbesar itu turun hingga US$29.677 pada Senin, terendah sejak Juni. 

—Dengan asistensi Akshay Chinchalkar dan Emily Nicolle.

(bbn)

No more pages