Logo Bloomberg Technoz

"Tergantung kemampun dari ritel modern itu mau menampung berasnya berapa. Kalau mereka berani menampung 1.000 ton ya kita kasih. Kita lihat saja perkembangannya bagaimana," ujarnya.

Selain melalui ritel modern dan pasar tradisional, Bulog juga menyalurkan beras operasi pasar secara langsung melalui gerai-gerai penjualan di gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta Utara, PT Food Station Tjipinang Jaya, Jakarta Timur, dan platform dagang elektronik iPanganan.

Lebih lanjut, Buwas menegaskan bahwa Bulog melepas beras itu ke pasar dengan harga Rp8.300 per kilogram. Selisih harga antara harga tersebut dan HET digunakan untuk menutupi biaya pengiriman, pengemasan dan biaya-biaya lain yang dikeluarkan hingga beras sampai ke tangan masyarakat atau konsumen.

"Dipastikan tidak ada margin yang diambil oleh pelaku usaha ritel modern. Kalau memang biaya yang dikeluarkan kurang dari selisih itu, sisanya untuk subsidi silang menutupi biaya yang dikeluarkan untuk pengiriman ke wilayah lain yang lebih tinggi," kata dia lagi.

Bulog juga akan dengan kekuatan stok cadangan beras pemerintah (CBP) yang sudah ada bertambah dengan beras impor. Adapun jumlah stok yang dimiliki Bulog saat ini adalah 594 ribu ton, termasuk sisa beras impor yang belum sampai ke Tanah Air.

Sementara Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi Januari 2023 sebesar 0,34% secara bulanan (month-to-month/mtm). Inflasi itu melambat dibandingkan bulan sebelumnya yakni 0,66%.

Kepala BPS Margo Yuwono menyebut ada sejumlah faktor yang berkontribusi terhadap inflasi Januari. Pertama, pemerintah mulai memberlakukan kenaikan tarif cukai rokok sebesar 10% pada 1 Januari. Kedua, pemerintah menurunkan harga bensin dan minyak diesel (solar) pada 3 Januari. Ketiga, Bank Indonesia (BI) menaikkan suku bunga menjadi 5,75% pada 19 Januari.

"Kenaikan tarif cukai tidak hanya berdampak pada bulan bersangkutan, tetapi juga bulan-bulan selanjutnya," sebut Margo dalam konferensi pers, Rabu (1/2/2023).

Beberapa komoditas yang menyumbang inflasi antara lain adalah beras, ikan segar, cabai rawit, dan rokok kretek filter. Sementara penyumbang deflasi antara lain tarif angkutan udara, bensin dan telur ayam ras.

(ezr/frg)

No more pages