Logo Bloomberg Technoz

Obat Penurun Berat Badan Diselidiki Atas Efek Samping Bunuh Diri

News
17 July 2023 21:20

Obat penurun berat badan Ozempic. (Sumber: Bloomberg)
Obat penurun berat badan Ozempic. (Sumber: Bloomberg)

Suzi Ring - Bloomberg News

Bloomberg, Obat penurun berat badan Novo Nordisk A/S saat ini sedang diselidiki oleh regulator obat-obatan Uni Eropa setelah muncul sejumlah laporan terkait bunuh diri dirujuk ke pengawas.

Badan Pengawas Obat Eropa (European Medicines Agency/EMA) sedang meneliti efek samping yang dicatat oleh Badan Pengawas Obat Islandia terkait penggunaan dua obat penurun berat badan, Saxenda dan Ozempic. Berdasarkan pernyataan EMA pada Senin (10/7/2023) salah satu kasus efek samping yang dilaporkan adalah munculnya pikiran untuk melukai diri sendiri sehubungan dengan obat Saxenda.

Akan tetapi, EMA tidak melaporkan adanya kasus bunuh diri. Perilaku yang terkait dengan bunuh diri juga saat ini tidak terdaftar sebagai efek samping dalam informasi produk obat dari Uni Eropa.

EMA mengatakan akan mempertimbangkan apakah peninjauannya harus diperluas ke obat lain di kelas yang sama, dikenal sebagai agonis reseptor GLP-1, yang masuk dalam jajaran obat-obatan paling laku. Mounjaro dari Eli Lilly & Co. termasuk salah satu di antaranya. Sementara perusahaan lain termasuk Amgen Inc. dan Pfizer Inc. sedang mengembangkan produk serupa.