Logo Bloomberg Technoz

Ganjar Laporkan Progres PSN Jawa Tengah Sebelum Lengser

Yunia Rusmalina
17 July 2023 17:35

Menko Perekonomian Airlangga Hartatarto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Dok. Ekon.go.id)
Menko Perekonomian Airlangga Hartatarto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Dok. Ekon.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyambangi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian untuk melaporkan 37 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang telah dibangun di Jawa Tengah (Jateng). Adapun total investasi yang dikucurkan sebesar Rp 258,76 triliun dan menyerap 66 ribu tenaga kerja.

Ganjar mengatakan urgensi dirinya datang menemui Airlangga untuk membahas PSN karena per 5 September 2023 masa jabatannya akan selesai.

"Maka saya bertanggung jawab untuk menyelesaikan selama periode saya. Jadi PR-PR yang diberikan kepada kami mesti tuntas," ujar Ganjar dalam konferensi pers, Senin (17/7).

Airlangga mengatakan di Jawa Tengah sendiri terdapat 37 Proyek Strategis Nasional (PSN) dan ada 18 PSN (diantaranya terdapat) dalam Perpres 79 tahun 2019. Adapun PSN yang telah beroperasi di Jawa Tengah antara lain, Jalan Tol Trans Jawa, PLTU Batang, Waduk Cicaban, Bendungan Randugunting.

Lalu, pengembangan Pelabuhan Cilacap, Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, double track kereta api Jawa Selatan, Bendungan Pidekso di Wonogiri, Bandara Ngloram di Blora.