Logo Bloomberg Technoz

Erick Titip Rosan Roeslani Lanjutkan Transformasi BUMN

Yunia Rusmalina
17 July 2023 16:05

Menteri BUMN Erick Thohir usai menginagurasi Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani (Dok. Humas Kementerian BUMN)
Menteri BUMN Erick Thohir usai menginagurasi Wakil Menteri BUMN Rosan Roeslani (Dok. Humas Kementerian BUMN)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengusaha Rosan Roeslani resmi dilantik menjadi Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pada Senin (17/7). Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat itu akan menggantikan posisi Pahala Mansury yang baru saja ditunjuk menjadi Wakil Menteri Luar Negeri.

Menteri BUMN Erick Thohir meyakini Rosan di sektor industri hingga jabatan terakhirnya sebagai Duta Besar AS akan memberikan warna baru dalam upaya transformasi BUMN ke depan dan membawanya hingga ke kancah internasional. Rosan akan bertugas bersama Kartika Wirjoatmodjo yang saat ini merupakan Wakil Menteri BUMN I. 

"Bapak Rosan Roeslani sudah tidak perlu lagi dipertanyakan kredibitas dan kapabilitasnya. Ia memiliki pengalaman sebagai seorang bankir, Ketua KADIN Indonesia, dan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat sehingga diharapkan dapat mendorong strategi besar BUMN agar semakin banyak lagi BUMN di berbagai sektor yang mampu berkiprah sebagai pemain global," ucap Erick saat menghadiri inagurasi, Senin (17/7).

Dalam aturan tugas dan fungsi di lingkungan Kementerian BUMN, seorang Wakil Menteri I akan memegang amanat untuk mengurus 48 perusahaan BUMN. Beberapa di antaranya bergerak di bidang farmasi, tambang, dan energi. Sementara Wakil Menteri II akan mengoordinir 73 perusahaan BUMN yang beberapa di antaranya bergerak di bidang perbankan, asuransi, perkebunan, konstruksi, dan transportasi.

Sebelum ditunjuk menjadi  Dubes RI, Rosan sendiri telah memegang berbagai jabatan penting di Indonesia.