Logo Bloomberg Technoz

Tugas Khusus Jokowi untuk Menteri dan Wamen Kominfo

Fransisco Rosarians Enga Geken
17 July 2023 13:55

Serah Terima Jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). (Tangkapan Layar via Youtube Kemkominfo TV)
Serah Terima Jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). (Tangkapan Layar via Youtube Kemkominfo TV)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Budi Arie Setiadi mengatakan, bersama Wakil Menteri Kominfo Nezar Patria akan berfokus pada empat hal selama sisa masa jabatan Kabiner Indonesia Maju, Oktober 2024. Salah satunya adalah pesan khusus dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Pesan khusus presiden, bagaimana [Kominfo] membangun narasi damai pada Pemilu 2024," kata Budi di Kantor Kominfo, Senin (17/7/2023).

Tiga fokus utama lainnya, menurut dia, Kominfo akan berfokus pada penyelesaian pembangunan infrastruktur digital. Hal ini termasuk proyek pembangunan BTS 4G dan paket 1-5 infrastruktur pendukung Bakti Kominfo. 

Pemerintah memang tetap ngotot menuntaskan pembangunan ribuan tower BTS di daerah terpencil, terluar, dan tertinggal (3T). Padahal, Kejaksaan Agung tengah mengusut kasus korupsi pada proyek senilai nyaris Rp11 triliun tersebut. Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menilai total kerugian negara dalam proyek tersebut mencapai Rp8,03 triliun.

"Memang ada masalah, tapi biarlah yang bermasalah berurusan dengan masalahnya. Kita yang tak bermasalah terus berjalan saja menyelesaikan masalah. Jangan mentalnya turun," kata mantan Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut.