Logo Bloomberg Technoz

Rusia Tutup Jembatan Krimea Usai Peringatan Darurat

News
17 July 2023 13:25

Jembatan Krimea (Dok. Bloomberg)
Jembatan Krimea (Dok. Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Rusia menutup lalu lintas jalan dan kereta api melintasi jembatan utama ke Krimea setelah pemerintah menyatakan peringatan darurat atas insiden yang tidak mereka ungkapkan soal pilar penopang dari jembatan itu.

Sergey Aksyonov, gubernur di semenanjung itu dalam sebuah posting Telegram mengatakan bahwa penyelidik telah dikirim ke jembatan melintasi Selat Kerch yang menghubungkan Rusia ke Krimea setelah insiden pada dini hari Senin (17/01/2023) di sekitar pilar ke-145 dari penopang jembatan itu.

Dia mendesak orang untuk menahan diri tidak bepergian karena alasan keamanan atau mencari rute darat alternatif melintasi wilayah yang diduduki Rusia di Ukraina selatan.

Pada Oktober tahun lalu, sebuah ledakan besar merusak salah satu bentang jalan jembatan itu dan untuk sementara lalu lintas kereta api yang digunakan untuk memasok pasukan Rusia di semenanjung dan di wilayah Ukraina selatan berhenti. Wilayah itu diduduki oleh pasukan Kremlin yang kini menghadapi serangan balik Ukraina untuk merebut kembali wilayah tersebut.