Logo Bloomberg Technoz

Usai meninggalkan kariernya dalam bidang pers, Nezar Patria kemudian merapat ke pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia pernah menduduki jabatan Direktur Kelembagaan di BUMN yakni PT Pos Indonesia (Persero) pada September 2020-25 April 2022. Sebelumnya dia juga sempat menjadi Komisaris Utama PT Dapensi Trio Usaha periode November 2021-Juni 2022.

Namun belum lama ini, Nezar Patria diangkat menjadi Staf Khusus V Menteri BUMN oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dia diangkat menjadi staf khusus sejak 7 Juni 2022 berdasarkan Keputusan Menteri BUMN SK-128/MBU/06/2022.

Pada saat menjadi staf khusus, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melaporkan Tempo ke Dewan Pers soal tayangan YouTube Tempo ‘Bocor Alus Politik’ (BAP) Kamis (13/7/2023).

Laporan tersebut diwakili oleh Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi, Nezar Patria. Nezar menyampaikan, Erick Thohir merasa konten tersebut sangat merugikan karena dianggap tidak memenuhi Kode Etik Jurnalistik. Menurut dia, sebagian besar kontennya tidak melalui tahapan verifikasi dan konfirmasi.

Kini berdasarkan keputusan presiden, Nezar diangkat menjadi Wakil Menkominfo. Sebelumnya jabatan ini tidak ada. Namun berdasarkan keputusan presiden dibuat jabatan baru wakil menteri. Sebagai menteri diangkat Budi Arie yang merupakan Ketua Umum Projo, salah satu basis relawan Jokowi yang paling aktif. Nezar kemudian didapuk mendampinginya.

Diketahui posisi Menkominfo sebelumnya diduduki oleh Johnny G Plate. Dia terjerat kasus korupsi BTS Bakti Kominfo yang diduga merugikan negara lebih dari Rp8 triliun. Kasus ini terkait penyalahgunaan wewenang hingga anggaran penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 2, 3, 4, dan 5 Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo periode 2020-2022. Meskipun proyek BTS Bakti bermasalah tetapi pemerintah tetap melanjutkan proyek tersebut dengan diseleksinya direksi Bakti yang baru.

Proyek besar ini akan menjadi salah satu pekerjaan rumah bagi Budi dan Nezar dalam masa kepemimpinan kurang lebih satu tahun.

Pengangkatan menteri dan wakil menteri pada hari ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 62B Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Komunikasi dan Informatika Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Selain itu ada pula Keputusan Presiden RI Nomor 32M Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju. Dalam bagian wakil menteri diterakan nama Nezar Patria.

"Kedua mengangkat masing-masing satu, saudara Pahala Mansury sebagai wakil menteri luar negeri. Dua mengangkat saudara Nezar Patria sebagai Wamenkominfo. Tiga, saudara Paiman Raharjo sebagai Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Saudara Rosan Perkasa Roeslani sebagai Wakil Menteri BUMN. Lima, Syaiful Rahmat sebagai Wakil Menteri Agama," demikian dibacakan dalam acara pelantikan di Istana Negara, Jakarta dikutip dari laman Sekretariat Presiden.

(ezr)

No more pages