Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut Harga Gas di Eropa Melesat 700%, Pangan 2 Kali Lipat

Sultan Ibnu Affan
16 July 2023 08:00

Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street Carnival, Jayapura, 7 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Resmikan Pembukaan Papua Street Carnival, Jayapura, 7 Juli 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut harga gas di beberapa negara Eropa telah mengalami kenaikan yang sangat pesat hingga 700%. Selain komoditas energi tersebut, harga pangan juga disebut naik dua kali lipat

"Bapak, Ibu silakan tanya kalau punya saudara yang ada di Eropa, coba tanya, berapa harga gas di sana? Ada yang naik sampai 700%. Berapa harga pangan? [Juga] naik ada yang sampai dua kali lipat," kata Jokowi dalam pidatonya saat menghadiri Rakernas Relawan Arus Bawah di Bogor, Sabtu (15/7/2023), yang dikutip dari siaran YouTube.

Jokowi pun menyinggung reaksi masyarakat Indonesia ketika harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia naik pada kisaran 10 hingga 20% saja.

"Ini [eropa] naiknya 700%, bayangkan. Kita kalau naiknya 700%, bapak ibu bisa bayangkan, tiap hari demo akan ada tiap hari, enggak tahu berapa tahun. Wong naik 10% aja 3 bulan demo," tuturnya.

Menyikapi itu, Jokowi pun lantas meminta seluruh rakyat Indonesia bersyukur terhadap apa yang kini terjadi di Indonesia. Menurutnya, Indonesia kini mampu bertahan disaat banyak negara-negara global yang krisis akibat pandemi lalu.