Logo Bloomberg Technoz

Tahun ini kata dia ada 8 sumber untuk survei IPK atau CPI tersebut dan mengambil tema korupsi, konflik dan keamanan. Relasi dan korupsi dianggap sangat berkaitan erat. Artinya bahwa korupsi dapat menciptakan konflik sosial, memberikan peluang terjadinya konflik.

IPK Indonesia pada 2022 mendapatkan skor 34 dengan ranking 110. Pada tahun sebelumnya Indonesia mendapatkan skor 38 dengan ranking 96. Skor IPK Indonesia pada 2022 menunjukkan penurunan terparah dalam dua dekade terakhir.

Dalam acara peluncuran, data ini juga ditanggapi Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Pahala Nainggolan. 

"Kok cuma 34 ini (skor IPK). Sebelumnya kita pernah 58 lho, turun hampir setengah. Buat saya rilis ini penting. Siapa yang mau datang ke Indonesia kalau skornya segitu, pasti investor yang nekat," kata Pahala.

TI Indonesia (TII) menjelaskan bahwa dalam IPK Indonesia kali ini, interval pengambilan data medio satu hingga dua tahun terakhir sampai dengan Oktober 2022. Adapun tema besarnya adalah "Korupsi: Penyalahgunaan Kekuasaan untuk Kepentingan Pribadi".

Skor Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia (DOK TII)

Indeks ini menggunakan data dari persepsi pebisnis dan pakar kemudian dari sektor publik yaitu pejabat dan politisi. Indeks didapatkan dari gabungan 13 sumber data. Sementara secara global untuk indeks yang sama disurvei sedikitnya 180 negara. 

(ezr/bbn)

No more pages