Logo Bloomberg Technoz

"Sistem pemeliharaan penyimpanan seperti apa Permentan 38, beras Bulog setelah 4 Bulog dapat dilepas di bawah harga pembelian disposal bisa 4 bulan beras ini masih bagus," kata Buwas.

Sementara pengalaman pada penyimpanan sebelumnya kata dia beras bisa dicadangkan bahkan sampai 3 tahun. Hal itu menyebabkan beras berkutu dan biaya untuk memproses beras berkutu malah lebih besar. Namun saat ini dengan aturan penyimpanan itu, masuk dan keluar cadangan beras menjamin kualitas beras Bulog tetap bagus.

Buwas menambahkan, sekalipun harga beras relatif lebih mahal namun pasokan dipastikan ada. Jangan sampai beras hilang di pasaran dan Bulog bertugas juga memastikan hal itu tak terjadi. Sejak tahun lalu dilakukan operasi pasar. Sementara pekan ini sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilakukan operasi pasar yang lebih besar-besaran.

"Permasalahan beras semua bisa selesai, perberasan kita harus bisa menangani masalah harga beras ini sekarang. Kita lakukan sudah intervensi operasi pasar ke pasar ritel distributor," kata dia lagi.

(ezr/roy)

No more pages