Logo Bloomberg Technoz

Kemenkeu Beberkan Progres Proyek IKN yang Didanai Sukuk

Krizia Putri Kinanti
15 July 2023 16:00

Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)
Hunian Pekerja Konstruksi (HPK) di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara memaparkan progres beberapa proyek di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang dananya bersumber dari surat berharga syariah negara (SBSN) atau sukuk.

Menurutnya, pendanaan melalui SBSN salah satunya dialokasikan untuk pembangunan Gedung Prasarana Perkuliahan di Politeknik Negeri Balikpapan dengan nilai alokasi Rp65 miliar. Pada 2021 telah dibangun gedung Workshop Prodi D-IV Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan Jurusan Teknik Sipil.

"Selanjutnya, pada Tahun Anggaran 2023 untuk Politeknik Negeri Balikpapan juga kembali dialokasikan pembiayaan melalui SBSN dalam APBN sebesar Rp70,42 miliar untuk pembangunan Gedung Workshop Jurusan Teknik Mesin beserta peralatan di dalamnya dan penataan kawasan kampus seperti lahan parkir,” ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (15/7/2023).

Selain itu, pembangunan Jembatan Pulau Balang juga menggunakan dana dari SBSN untuk pembangunan IKN. Jembatan ini menghubungkan Balikpapan dengan IKN baru di Penajam Paser Utara (PPU) melintasi Teluk Balikpapan.

“Jembatan ini memangkas waktu tempuh Balikpapan—PPU dari 3—4 jam menjadi hanya 1 jam,” terangnya.

Presiden Jokowi dan Kanselir Jerman Olaf Scholz saat melihat pameran proyek Ibu Kota Nusantara atau IKN. (Dok Setpres RI)