Logo Bloomberg Technoz

Lapor LHKPN, Menpora Dito Ariotedjo Punya Harta Rp282 M

Fransisco Rosarians Enga Geken
15 July 2023 08:00

Menpora, Dito Ariotedjo tiba di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Senin (3/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Menpora, Dito Ariotedjo tiba di Kejaksaan Agung (Kejagung), Jakarta, Senin (3/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau Dito Ariotedjo telah menyerahkan dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Menteri termuda pada Kabinet Indonesia Maju tersebut mencatat total harta kekayaannya mencapai Rp282,46 miliar.

Berdasarkan data KPK, politikus Partai Golkar tersebut menyerahkan laporan hartanya pada 12 Juli lalu. Padahal, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk dan melantik Dito menggantikan Zainuddin Amali sebagai Menpora sejak 3 April 2023. 

Pada dokumen LHKPN di KPK, Dito menyebutkan punya lima bidang tanah dan bangunan di wilayah Jakarta dengan nilai Rp187,59 miliar. Dia menyebutkan satu aset berasal dari hasil sendiri, dan empat lainnya adalah hadiah. Aset ini tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Mantan Ketua Umum Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) tersebut juga mencatatkan hanya punya tiga unit mobil dengan nilai total Rp2,18 miliar. Mobil tersebut terdiri dari Toyota Fortuner, Toyota Alphard, dan Hyundai IONIQ 5.

Selain itu, Dito juga memiliki sejumlah harta bergerak lainnya senilai Rp6 miliar, surat berharga senilai Rp89,34 miliar; serta kas dan setara kas Rp13,39 miliar. Namun, dia juga menyebutkan punya utang hingga Rp16,05 miliar.