Logo Bloomberg Technoz

RI Raup Potensi Tambahan Ekspor Kopi Rp40 M di Taiwan

Wike Dita Herlinda
14 July 2023 20:00

Produk kopi Indonesia di pameran Taichung International Tea, Wine, Coffee and Bakery 2023 di Taipei./dok. Kemendag
Produk kopi Indonesia di pameran Taichung International Tea, Wine, Coffee and Bakery 2023 di Taipei./dok. Kemendag

Bloomberg Technoz, Jakarta – Indonesia meraup potensi ekspor produk kopi senilai US$2,66 juta atau seiktar Rp39,81 miliar ke Taiwan melalui pameran Taichung International Tea, Wine, Coffee and Bakery di Taipei pada 7—10 Juli. 

Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, Iqbal Shofwan, mengatakan dalam dua dekade terakhir, pasar kopi Taiwan terus menunjukkan peningkatan. Sebelumnya, padahal, konsumen Taiwan merupakan penikmat teh sejati.

"Peningkatan permintaan kopi dari pasar Taiwan mendatangkan peluang bagi pemasok kopi dari seluruh dunia," ujarnya melalui keterangan resmi, Jumat (14/7/2023).

Hal tersebut mempersengit persaingan perebutan pasar kopi di Taiwan, terutama dengan negara-negara dari kawasan Amerika Selatan dan Afrika. Namun, menurut Iqbal, produk kopi Indonesia memiliki pangsa pasar tersendiri di Taiwan.

Menurut catatan Kementerian Perdagangan, ekspor kopi Indonesia ke Taiwan mencapai US$17,37 juta pada 2022, naik 21,36% secara tahunan. Capaian tersebut setara dengan 6,2% dari total impor Taiwan.