Logo Bloomberg Technoz

Komjen Wahyu Widada Dilantik Jadi Kabareskrim Polri

Fransisco Rosarians Enga Geken
14 July 2023 18:20

Wahyu Widada, (Tangkapan Layar via Instagram @wahyuwidada)
Wahyu Widada, (Tangkapan Layar via Instagram @wahyuwidada)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Kepolisian Jenderal Listyo Sigit Prabowo melantik sejumlah perwira tinggi Korps Bhayangkara. Salah satunya adalah Komisaris Jenderal Wahyu Widada yang dilantik menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal atau Bareskrim Polri. Mantan Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Baintelkam) Polri tersebut menggantikan Komjen Agus Andrianto yang promosi menjadi Wakil Kapolri.

"Pelantikan Kabareskrim Polri, pejabat Polri dan kepala Polda," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Ahmad Ramadhan di Kantor Bareskrim, Jumat (14/7/2023).

Wahyu sendiri adalah lulusan terbaik atau peraih Adhi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1991. Polisi kelahiran Kadirojo, 11 September 1969 tersebut berarti satu leting atau angkatan dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Wahyu mengawali karirnya pada Satuan Polariud. Dia juga pernah menjadi kepala kepolisian daerah (Kapolda) pada wilayah Gorontalo dan Aceh. Sebelum menjadi Kabaintelkam, Wahyu juga pernah menjadi asisten SDM Kapolri.

Menurut Ramadhan, Kapolri melantik Komjen Suntana untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Wahyu yaitu Kepala Baintelkam Polri. Mantan Wakil Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tersebut adalah senior Listyo dan Wahyu yang merupakan lulusan Akpol 1989. Dia akan pensiun pada Juni 2024.