Logo Bloomberg Technoz

Bensin Bioetanol Pertamina Setara Biodiesel, Harga Belum Diuji

Sultan Ibnu Affan
14 July 2023 16:30

Ilustrasi bahan bakar nabati (BBN) bioetanol./Bloomberg-Si Barber
Ilustrasi bahan bakar nabati (BBN) bioetanol./Bloomberg-Si Barber

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan bensin bioetanol berbahan baku tebu produksi PT Pertamina (Persero) memiliki kualitas setara dengan bahan bakar minyak campuran biodiesel berbahan baku FAME sawit.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, sama halnya dengan solar bauran fatty acid methyl ester (FAME) kelapa sawit, bauran bahan bakar nabati (BBN) berbasis bioetanol dapat menaikkan kaliber oktan dalam bahan bakar minyak (BBM) jenis bensin.

“Bioetanol itu bisa menaikkan octane number. Bisa dicampur Pertamax, bisa menaikkan oktan. Tinggal dilihat saja nanti keekonomiannya, tetapi yang penting adanya bioetanol itu bisa menyubstitusi kebutuhan minyak mentah. [Impor minyak] bisa kita turunin,” ujarnya saat ditemui di kantor Kementerian ESDM, Jumat (14/7/2023).

Arifin pun belum dapat memastikan kapan Pertamina sanggup memproduksinya untuk pasar komersial massal. Untuk sementara, bensin campuran bioetanol tersebut baru akan diujicobakan di Surabaya dan Mojokerto, Jawa Timur.

“Bioetanol ini kan renewables [sumber energi terbarukan] dan bisa menggerakkan perekonomian rakyat kecil. Ini bagus dan sudah ada contohnya. Di Brasil dan beberapa negara tropis yang bisa punya tebu sudah mencoba,” ujarnya.

Ilustrasi SPBU di AS (Sumber: Bloomberg).