Logo Bloomberg Technoz

Ada 58 Proyek Strategis Belum Tersentuh, Berpotensi Mangkrak

Elisa Valenta
14 July 2023 13:10

Ilustrasi Proyek. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ilustrasi Proyek. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mencatat ada sekitar 58 proyek strategis nasional (PSN) yang belum tersentuh sama sekali hingga saat ini sehingga berpotensi dikeluarkan dari program prioritas nasional. Padahal Presiden Joko Widodo menargetkan keseluruhan 210 PSN harus selesai pada 2024 mendatang.

Sampai 11 Juli 2023, pemerintah telah menyelesaikan pembangunan 158 proyek dengan nilai Rp 1.102,6 triliun. Sementara itu, berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022, total PSN yang harus diselesaikan sampai tahun 2024 adalah 210 proyek dengan nilai total Rp 5.746,4 triliun.

Beberapa proyek PSN yang belum tersentuh tersebut adalah MRT Fase II, Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya, Pelabuhan Ambon, Tol Trans Sumatera tahap II, Tol Bocimi yang sampai Sukabumi, hingga Tol Getaci.

Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Perekonomian Wahyu Utomo mengatakan pihaknya akan terus mengusahakan agar semua proyek pembangunan yang sudah masuk daftar PSN bisa berjalan.

Menurutnya, penyelesaian secara fisik mungkin tidak akan terkejar dalam waktu satu tahun ini. Namun, setidaknya memenuhi tiga syarat, yakni menyelesaikan masalah pengadaan tanah, perizinan dan pembiayaan.