Logo Bloomberg Technoz

Bandara Kertajati Kebanggaan Jokowi, tapi Sulit Memikat Penumpang

Krizia Putri Kinanti
14 July 2023 11:00

Bandara Kertajati siap digunakan untuk keberangkatan haji (Dok Humas Kemenhub)
Bandara Kertajati siap digunakan untuk keberangkatan haji (Dok Humas Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo sepertinya berharap banyak peresmian Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan mempermudah dan memperlancar konektivitas menuju Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BJIB) Kertajati. Namun pengamat penerbangan menilai belum akan efektif memikat lebih banyak penumpang maskapai komersial.

Saat peresmian jalan tol Cisumdawu, Presiden Jokowi sempat menyampaikan harapan Bandara Kertajati bisa beroperasi secara penuh. Bandara Kertajati telah melayani sejumlah aktivitas penerbangan dan mulai diminati beberapa investor dari luar negeri.

“Saya melihat airport Kertajati adalah yang didukung oleh Tol Cisumdawu ini adalah airport masa depan kita karena sekarang sudah mulai banyak keinginan negara-negara luar untuk masuk equity-nya ber-partner di airport Kertajati baik untuk mengoperasikan, juga untuk meningkatkan traffic lalu lintas penerbangan yang ada. Ini yang kita harapkan,” tutur Presiden.

Namun pengamat penerbangan Alvin Lie berpandangan pesimistis bahwa Bandara Kertajati akan mampu bersaing dengan bandara-bandara internasional lainnya yang berlokasi lebih dekat dengan kota.

Dia menilai, sejak bertahun-tahun lalu, pemerintah hanya mempromosikan Bandara Kertajati, tetapi tidak memperhatikan promosi daerah di sekitar bandar udara tersebut seperti aspek pariwisata, pertanian, industri, ataupun perdagangannya.