Logo Bloomberg Technoz

Penipuan Kripto, Eks CEO Celsius Ditangkap di AS

News
14 July 2023 09:00

Alex Mashinsky (Sumber: Bloomberg)
Alex Mashinsky (Sumber: Bloomberg)

Ava Benny-Morrison dan Allyson Versprille - Bloomberg News

Bloomberg, Mantan CEO Celsius Network Ltd Alex Mashinsky ditangkap dan didakwa di Amerika Serikat (AS) atas dugaan menaikkan harga kripto perusahaannya untuk menarik pelanggan ke platform itu.

Hal itu dilakukannya hingga meraup US$42 juta (Rp570,6 miliar). Mashinsky juga disebut melancarkan skema selama bertahun-tahun yang menyesatkan pelanggan sebelum Celsius bangkrut tahun lalu dengan utang lebih dari US$1 miliar. Ia mengaku tidak bersalah pada sidang hari Kamis di New York. 

Celsius adalah salah satu dari beberapa perusahaan kripto terkenal yang populer tahun lalu. Perusahaan itu dikenal karena membayar suku bunga tinggi pada deposito aset digital. Namun, setelah runtuhnya stablecoin TerraUSD dan penurunan di pasar aset digital, perusahaan tidak dapat menahan arus penarikan dana dari pelanggan.

"Selama setahun terakhir kami telah bekerja dengan cepat untuk sampai ke dasar dari apa yang menyebabkan keruntuhan Celsius," kata Damian Williams, Jaksa AS di Distrik Selatan New York, pada konferensi pers.