Logo Bloomberg Technoz

Ungkapan juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller tentang pembicaraan itu hampir identik dengan yang disampaikan ketika Blinken bertemu Wang dan pejabat tinggi lainnya di Beijing bulan lalu.

Dia menggambarkan pertemuan itu sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk mempertahankan saluran komunikasi terbuka untuk mengklarifikasi kepentingan AS di berbagai masalah dan untuk mengelola persaingan secara bertanggung jawab.

Penggambaran dari pihak China tentang pertemuan itu lebih keras. Meski juga menyebut pertemuan itu konstruktif, Kementerian Luar Negeri China mengatakan Wang mengatakan kepada Blinken bahwa AS harus menghapus semua "sanksi ilegal yang tidak dapat dibenarkan" terhadap China.

China selama ini kecewa dengan penolakan pemerintahan Joe Biden untuk mencabut sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintahan Trump pada 2018 terhadap Menteri Pertahanan China Li Shangfu.

Departemen Keuangan AS juga telah memberlakukan sanksi terhadap pejabat dan perusahaan China atas berbagai masalah lain, termasuk dugaan pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang, kerja sama dengan Iran dan Rusia, dan tindakan keras terhadap kebebasan di Hong Kong. 

--Dengan asistensi Jacob Gu.

(bbn)

No more pages