Logo Bloomberg Technoz

IKN, Anies Baswedan: Proyek Bermasalah Pasti Pakai Otot Politik

Fransisco Rosarians Enga Geken
13 July 2023 19:40

Anies Baswedan bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram @aniesbaswedan)
Anies Baswedan bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram @aniesbaswedan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bakal Calon Presiden Pemilu 2024, Anies Baswedan merasa janggal sering ditanya sejumlah pihak tentang pendapatnya terhadap proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN. Dia menilai, pertanyaan-pertanyaan tersebut sebenarnya cerminan terhadap kegelisahan orang-orang terhadap megaproyek Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut.

"IKN selalu ditanyakan, apakah di alam bawah sadar sebenarnya kita semua punya pertanyaan (soal IKN)," kata Anies saat menjawab pertanyaan Wali Kota Bogor Bima Arya di Rakernas XVI Apeksi, Kamis (13/7/2023).

Menurut dia, suatu kebijakan yang direncanakan dengan baik dan memiliki dasar hukum yang kuat akan mudah diterima masyarakat. Dia menyebutnya sebagai proyek dan keputusan pembangunan yang bisa 'menggelinding' dengan sendirinya.

Akan tetapi, sebaliknya, kebijakan dengan perencanaan yang buruk dan minim manfaat bagi masyarakat akan mendapat perlawanan. Hal ini kemudian membuat pemimpin atau pembuat kebijakan harus menggunakan kekuatan atau otot politik.

"Tapi kalau tak punya dasar kuat, dan tak jelas siapa yang dapat manfaat maka harus kerja keras dengan otot politik untuk memastikan itu berjalan," kata Anies.