Logo Bloomberg Technoz

DPR Sahkan Para Anggota DK OJK dan BSBI yang Baru

Fransisco Rosarians Enga Geken
13 July 2023 14:20

Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)
Gedung DPR/MPR. (Dok. mpr.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dalam Sidang Paripurna ke-30 mengesahkan dua anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) dan tujuh anggota baru Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI) periode 2023-2028. Nama-nama tersebut dianggap telah berhasil melewati fit and proper test 'uji kepatutan dan kelayakan' di Komisi XI.

“Komisi XI DPR menyepakati mekanisme pengambilan keputusan dilakukan secara musyawarah untuk mufakat sesuai dengan peraturan DPR RI. Dan menyepakati tujuh nama anggota BSBI periode 2023-2028,” kata Wakil Ketua Komisi XI Amir Uskara dalam Sidang Paripurna DPR, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Sebelumnya Komisi XI telah menerima 16 calon anggota BSBI. Kemudian tujuh nama yang terpilih dianggap mampu membantu DPR dalam mengawasi Bank Indonesia. Terutama pada tugas BSBI menjaga dan meningkatkan akuntabilitas, independensi, transparansi dan kredibilitas Bank Indonesia.

Anggota BSBI masa jabatan 2023-2028 yang terpilih adalah Irwan Lubis; Agus Herta Sumarto; Moh. Khusaini; Iskandar Simorangkir; Muhammad Nawir Messi; Piter Abdullah Redjalam; dan Marwanto Harjowiryono.

Selain anggota BSBI, DPR juga secara resmi mengesahkan pemilihan dua nama baru dalam jajaran DK OJK.