Logo Bloomberg Technoz

Inflasi AS Melandai di Level 3%, Jadi Titik Balik Bagi The Fed

News
13 July 2023 14:30

The Fed (Sumber: Bloomberg)
The Fed (Sumber: Bloomberg)

Reade Pickert dan Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Tingkat inflasi Amerika Serikat (AS) melambat, hingga berada di level terendah dalam lebih dari dua tahun. Ini menjadi bukti keberhasilan Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed) dalam melakukan pengetatan kebijakan moneter.

Laju inflasi AS sebesar 3% pada Juni, menempatkan indeks harga konsumen (IHK) sepertiga dari level yang dicapai tahun lalu. Di sisi lain, laju inflasi Juni juga menunjukkan hasil yang lebih baik, yang berada di bawah perkiraan.

Grafik indeks harga konsumen. (Sumber: Bloomberg)

Inflasi di AS mulai reda setelah sekitar dua tahun ketika perdebatan inflasi yang hebat menjadi berita utama dan menjadi sorotan dalam segala hal, mulai dari politik kepresidenan AS hingga percakapan di bar.

Meski inflasi AS mulai reda, perang melawan tekanan harga telah berakhir, terutama bagi The Fed, yang diperkirakan akan menaikkan buanga acuan akhir bulan ini. Akan tetapi ada peluang yang lebih baik, jika The Fed menaikkan suku bunga acuan menjadi 5,5% dari 5,25% saat ini, kemungkinan kenaikan tersebut menjadi yang terakhir dalam beberapa waktu ke depan.