Logo Bloomberg Technoz

Bagi pemodal yang merupakan nasabah penjamin pelaksana emisi Efek, selain menyampaikan pesanannya melalui mekanisme e-IPO, dapat mengajukan melalui email kepada penjamin pelaksana emisi efek, dengan memuat informasi sebagai berikut. 

  • Identitas nasabah (nama sesuai dengan KTP, nomor Single Investor Identification (SID), nomor Sub Rekening Efek (“SRE”) dan RDN.
  • Jumlah pesanan dengan mengkonfirmasi satuan yang dipesan (dalam lot atau saham).
  • Salinan kartu identitas;
  • Informasi kontak yang dapat dihubungi (alamat email dan nomor telepon).

Adapun penjamin pelaksana efek IPO ini adalah, PT Indo Premier Sekuritas, PT J.P. Morgan Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, dan PT UBS Sekuritas Indonesia.

Jatah Tambahan Salween

Cinema XXI akan menawarkan 8,34 miliar saham dengan rentang harga Rp270/saham hingga Rp288/saham. Sehingga, perusahaan berpotensi memperoleh dana segar antara Rp2,25 triliun hingga Rp2,40 triliun.

Di samping IPO, Cinema XXI juga akan melaksanakan private placement 10% saham kepada beberapa investor strategis. Pelepasan saham dilakukan oleh PT Harkatjaya Bumipersada (HJB) sebanyak 8%, dan PT Adi Pratama Nusantara (APN) sejumlah 2%.

Susunan pemegang saham Cinema XXI sebelum aksi IPO ialah HJB 71,99%, APN 18%, dan Salween Investment Private Limited (SIP) 0,01%. Setelah IPO, ESA, dan private placement, susunan pemegang saham menjadi HJB 63,99%, APN 16%, SIP 0,01 persen, ESA 0,01%, dan masyarakat 19,99%. 

Ada call option agreement antara HJB dan APN dengan SIP untuk mengambil saham Cinema XXI. Jika opsi ini terjadi maka susunan pemegang saham Cinema XXI nantinya menjadi HJB 45,99%, APN 11,5%, SIP 22,51%, ESA 0,01%, dan masyarakat 19,99%.

Cinema XI akan menggunakan sekitar 65% untuk ekspansi jaringan bioskop Cinema XXI, melalui pengembangan bioskop dan/atau teater baru untuk menambah jumlah layar. Cinema XXI juga akan membeli proyeksi gambar dan suara dengan teknologi baru yang diperlukan untuk pembangunan tersebut. 

Selanjutnya, sekitar 20% dana IPO untuk pembayaran lebih awal utang ke Bank BRI (BBRI) senilai Rp1,39 triliun. Setelah pembayaran, saldo kewajiban perseroan menjadi Rp917,10 miliar.

Sisanya 15% dana IPO untuk modal kerja, termasuk pembelian barang dan jasa dalam rangka mendukung kegiatan usaha Cinema XXI.

Penjamin pelaksana emisi efek ialah PT Indo Premier Sekuritas, PT J.P. Morgan Sekuritas Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, dan PT UBS Sekuritas Indonesia. Penjamin emisi efek akan ditentukan kemudian. Adapun jadwal IPO adalah sebagai berikut.

  • Masa penawaran awal : 10-14 Juli 2023
  • Perkiraan tanggal efektif : 25 Juli 2023
  • Perkiraan masa penawaran umum saham perdana : 27 Juli-31 Juli 2023 
  • Perkiraan tanggal penjatahan : 31 Juli 2023
  • Perkiraan tanggal distribusi saham secara elektronik : 1 Agustus 2023
  • Perkiraan tanggal pencatatan di BEI : 2 Agustus 2023.

(yun/dhf)

No more pages