Logo Bloomberg Technoz

Rusia Sebut Perang Ukraina Lanjut Terus kalau Barat Tak Berubah

News
12 July 2023 20:10

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov (Sumber: Bloomberg)
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg, Perang di Ukraina akan terus berlanjut hingga negara-negara Barat menghentikan rencana untuk mendominasi dan mengalahkan Moskow. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dalam wawancara dengan media yang diunggah situs resmi kementerian pada Selasa (11/7/2023).

Lavrov mengatakan, tujuan kolektif Amerika Serikat (AS) dan sekutunya adalah untuk memperkuat dominasi global. Selain itu perang di Ukraina terus memanas karena AS dan sekutunya masih memasok senjata ke Ukraina.

"Lalu mengapa konfrontasi bersenjata di Ukraina tidak berhenti? Jawabannya sangat sederhana. Hal tersebut akan terus berlanjut sampai Barat meninggalkan rencananya untuk mempertahankan dominasi dan obsesinya untuk mengalahkan Rusia melalui tangan boneka mereka, yaitu Kiev," kata Lavrov.

"Sejauh ini, belum ada tanda-tanda perubahan dalam posisi mereka dan kami melihat bagaimana Amerika dan sekutunya terus menerus memasok senjata ke Ukraina dan mendorong Vladimir Zelenskyy untuk melanjutkan pertempuran." 

Diketahui, AS berencana mengirim bom klaster yang kontroversial ke Ukraina. Langkah tersebut dikecam oleh negara-negara Asia Tenggara yang hingga kini masih berjuang membersihkan amunisi klaster yang disebar oleh pasukan AS selama Perang Vietnam.