Logo Bloomberg Technoz

Restrukturisasi Pinjaman, TBIG Terbitkan Obligasi Rp1,5 T

Yunia Rusmalina
12 July 2023 16:01

Ilustrasi menara . (dok perusahaan)
Ilustrasi menara . (dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten operator menara PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) menerbitkan Obligasi Berkelanjutan VI Tower Bersama Infrastructure Tahap I Tahun 2023 (Obligasi TBIG VI Tahap I) sebesar Rp 1,5 triliun. Penerbitan obligasi tersebut merupakan bagian program obligasi baru senilai Rp 20 triliun.

Manajemen Tower Bersama Infrastructure (TBIG) menyebut total penerbitan Obligasi TBIG VI Tahap I sebesar Rp1,5 triliun, terdiri dari Rp1 triliun pada tingkat bunga tetap 5,90% untuk tenor 370 hari. Serta, Rp 500 miliar pada tingkat bunga tetap 6,25% untuk tenor 3 tahun.

Obligasi TBIG VI Tahap I adalah setara kewajiban senior tanpa jaminan khusus dari TBIG dan memiliki pembayaran bunga setiap kuartal. Penggunaan dana dari penawaran ini, setelah dikurangi biaya penerbitan, akan digunakan untuk pembayaran sebagian kewajiban finansial dari Entitas Anak Perseroan, khususnya Fasilitas Pinjaman Revolving US$325 juta dari Credit Facilities yang ada.

“Kami berharap dapat terus mengakses pasar obligasi Rupiah melalui program baru Rp 20 triliun yang berlaku hingga Juli 2025. Kami senang dengan harga yang kompetitif untuk penerbitan Tahap I, yang mencerminkan rendahnya risiko kredit dalam bisnis kami,” ungkap CFO Tower Bersama Infrastructure (TBIG) Helmy Yusman Santoso dalam keterangannya, Rabu (12/7/2023).

Obligasi TBIG VI Tahap I dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 12 Juli 2023. Per 31 Maret 2023, total pinjaman kotor (gross debt) perseroan, jika bagian pinjaman dalam mata uang Dollar AS yang telah dilindung nilai diukur dengan menggunakan kurs lindung nilainya, adalah sebesar Rp 26,51 triliun dan total pinjaman senior (gross senior debt) sebesar Rp 3,33 triliun.