Logo Bloomberg Technoz

Luhut: RI Akan Impor Sapi Afsel, Pasok Listrik dari Gas Mozambik

Wike Dita Herlinda
12 July 2023 16:20

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa./dok Instagram
Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa./dok Instagram

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan rencana Indonesia untuk mengimpor komoditas sapi dan kedelai dari Afrika Selatan, serta potensi PT Pertamina (Persero) memasok listrik ke negara tersebut.

Menurut Luhut, Pemerintah Indonesia sedang mengeksplorasi potensi kerja sama impor 50.000 ekor sapi dan 300.000 ton kedelai dari negara beribu kota legislatif Cape Town itu.

“Hal ini mutlak dilakukan mengingat harga daging sapi yang makin meningkat serta outlook dari Kementerian Pertanian mencatat bahwa kami masih membutuhkan 40% komoditas tersebut. Selain itu, kebutuhan 3 juta ton kedelai di dalam negeri juga harus dipenuhi. Inilah upaya kami untuk menyiasati tingginya kebutuhan akan kedua komoditas itu,” paparnya melalui unggahan Instagram, Rabu (12/7/2023).

Kesepakatan tersebut terwujud di sela kunjungan Luhut terhadap Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa, sebagai persiapan partisipasi Presiden Joko Widodo di KTT BRICS pada pekan ketiga Agustus tahun ini.

“Dalam KTT ini nantinya diharapkan akan terjadi kesepakatan terkait dengan impor sapi dan kedelai yang akan ditandatangani pada saat kunjungan ini,” jelas Luhut, yang juga akan mengunjungi beberapa negara Afrika selama tujuh hari ke depan.