Logo Bloomberg Technoz

Dilarang Berserikat, Pegawai Hyundai Korsel Mogok Kerja

News
12 July 2023 15:10

Aksi mogok pekerja Hyundai Motor Co. di Korea Selatan./dok. Bloomberg
Aksi mogok pekerja Hyundai Motor Co. di Korea Selatan./dok. Bloomberg

Heejin Kim dan Shinhye Kang - Bloomberg News

Bloomberg, Pekerja tak berserikat di pabrik Hyundai Motor Co. Korea Selatan melakukan pemogokan pertama mereka dalam lima tahun, sebagai bentuk protes terhadap kebijakan perburuhan "antiserikat" pemerintah setempat.

Staf sif siang dan sif malam Hyundai berhenti bekerja selama dua jam pada Rabu (12/7/2023), kata juru bicara serikat perusahaan otomotif Korsel itu dalam pesan teks. Karyawan di afiliasi Hyundai Kia Corp. tidak akan berpartisipasi dalam aksi pemogokan parsial itu.

Para pekerja yang mogok adalah bagian dari Serikat Pekerja Metal Korea, yang menyerukan 180.000 anggotanya untuk memprotes kebijakan perburuhan pemerintahan Yoon Suk-Yeol. Pemerintah telah mendorong reformasi dalam serikat pekerja dan berjanji akan memberikan tanggapan yang keras terhadap setiap demonstrasi ilegal yang mengganggu ketertiban umum.

Sekitar 44.000 pekerja di Hyundai adalah anggota Serikat Pekerja Logam Korea. Kelompok itu juga mewakili pekerja di HD Hyundai Heavy Industries Co. Karyawan dari perusahaan itu juga akan melakukan pemogokan parsial pada Rabu, menurut situs web HD Hyundai.

Mobil Listrik Hyundai (Muhammad Fadli/Bloomberg)