Logo Bloomberg Technoz

Rencana Operasional Komersial LRT Jabodebek Usai Uji Coba

Yunia Rusmalina
12 July 2023 12:00

Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) berada di Depo LRT Jabodebek, Jatimulya,Kamis (6/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) berada di Depo LRT Jabodebek, Jatimulya,Kamis (6/7/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kereta Light Rail Transit atau LRT Jabodebek rencananya akan mulai beroperasi secara komersial pada 18 Agustus 2023. Moda transportasi massal ini akan memangkas durasi perjalanan masyarakat Bekasi, Depok, dan Bogor ke Jakarta dari sekitar 2 jam menjadi 37-45 menit.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, LRT Jabodebek diharapkan mampu memicu perpindahan masyarakat dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. Selama uji coba, pemerintah juga memastikan integrasi LRT Jabodebek dengan seluruh moda transportasi umum lainnya.

"Mulai dari first mile hingga last mile," kata Budi, di Stasiun Harjamukti LRT Jabodebek, Rabu (12/7/2023).

Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI), Didiek Hartantyo mengatakan, LRT Jabodebek akan menjadi transportasi andalan baru masyarakat aglomerasi Jakarta.

Menurut dia, pada saat operasional secara komersial, seluruh atau 18 stasiun LRT Jabodebek akan berfungsi secara maksimal. Kereta ringan tersebut akan melayani 560 perjalanan per hari pada tiga rute yaitu Dukuh Atas-Cawang; Cawang-Harjamukti; dan Cawang-Jatimulya.