Logo Bloomberg Technoz

Jelang Uji Coba, Kemenhub Pastikan LRT Jabodebek Aman  

Fransisco Rosarians Enga Geken
11 July 2023 21:20

LRT Jabodebek. (Dok. Kemenhub)
LRT Jabodebek. (Dok. Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan sudah menggelar rapat koordinasi untuk membahas kesiapan jelang uji coba operasional terbatas kereta Light Rail Transit atau LRT Jabodebek. Hasilnya, seluruh stakeholder transportasi massal tersebut sepakat LRT Jabodebek aman dan siap melayani penumpang.
 
"Terkait kesiapan uji coba operasional terbatas baik dari aspek keselamatan, keamanan dan pelayanan," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal dalam keterangan resmi, Selasa (11/7/2023).

Kesepakatan ini termasuk diambil oleh Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI Mochamad Purnomosidi, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI  John Roberto, Perwakilan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Depok dan Bekasi, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dan jajaran Ditjen Perkeretaapian Kemenhub.
 
“Berdasarkan kesepakatan dalam rapat, telah diputuskan mulai besok, 12 Juli sampai dengan 15 Agustus 2023 akan dilakukan uji coba operasional terbatas,” kata Risal.

Menurut dia, KAI sebagai operator juga sudah mendapatkan rekomendasi safety assessment dari Siemens dan konsultan pengawas proyek pembangunan LRT Jabodebek.

Selain pengoperasian, uji coba terbatas juga akan menngetes sistem pembayaran dan integrasi antarmoda pada masing-masing stasiun LRT Jabodebek. Rencananya, penumpang juga akan mencoba perpindahan moda dengan Bus Transjakarta, Angkutan Jaklingko, Angkutan perkotaan, Kereta Komuterline Jabodetabek, Kereta Cepat, dan lainnya.

“Kami telah berkoordinasi dengan BPTJ dan jajaran Dinas Perhubungan baik di DKI Jakarta, Depok, dan Bekasi terkait dengan penyiapan angkutan lanjutan," kata dia.