Logo Bloomberg Technoz

Pertamina dan Dua Emiten Properti Ikut Proyek IKN

Fransisco Rosarians Enga Geken
11 July 2023 20:44

Desain logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Desain logo baru Ibu Kota Nusantara (IKN). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai merilis sejumlah perusahaan swasta dan badan usaha milik negara yang sudah berkomitmen ikut dalam proyek pembangunan kawasan di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

PT Pertamina (Persero) tercatat sebagai perusahaan pelat merah yang akan menggelontorkan investasi besar di kawasan tersebut. Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengatakan, perusahaan tersebut akan membangun kawasan resort hingga pusat penelitian.

“Pertamina menargetkan sebelum Agustus 2024 akan ada investasi yang terwujud,” kata Ahok seperti dilansir Badan Otorita IKN, Selasa (11/7/2023).

Pertamina rencananya akan membangun kawasan resort dengan 1.000 kamar; lapangan golf 36 holes; rumah sakit, universitas bertema vokasi, dan pusat research and development. Perusahaan ini akan menggunakan sejumlah insentif seperti tax holiday, super tax deduction, dan berbagai fasilitas kemudahan lainnya.

Selain Pertamina, dua emiten properti raksasa juga dilaporkan telah sepakat ikut berinvestasi pada kawasan IKN. PT Ciputra Development Tbk. (CTRA) kabarnya akan mengembangkan lahan seluas 300 hektar pada kawasan tersebut. Mereka akan menggarap mega proyek properti yang berupa kawasan terpadu dengan sejumlah kelengkapan infrastruktur.