Logo Bloomberg Technoz

Didukung Pengadilan, Transgender di Jepang Bebas Pilih Toilet

News
11 July 2023 20:20

Bendera Jepang (Sumber: Bloomberg)
Bendera Jepang (Sumber: Bloomberg)

Shoko Oda - Bloomberg News

Bloomberg, Mahkamah Agung Jepang menetapkan keputusan pertama tentang hak-hak LGBTQ di tempat kerja. Pengadilan tertinggi tersebut memutuskan bahwa melarang seorang transgender untuk menggunakan kamar mandi tertentu adalah tindakan ilegal.

Menurut laporan NHK, kasus tersebut melibatkan seorang pegawai di kementerian perdagangan yang merupakan seorang perempuan transgender. Penggugat meminta izin untuk menggunakan toilet untuk perempuan, setelah mengidentifikasikan dirinya sebagai perempuan di tempat kerja. Akan tetapi, dia hanya diizinkan untuk menggunakan kamar mandi yang terletak sejauh dua lantai dari tempatnya bekerja.

Ia kemudian mengajukan gugatan terhadap pemerintah pada 2015. Hal ini ditempuh usai upayanya memperbaiki situasi dan memperoleh keadilan ditolak pihak berwenang.

Pengadilan tertinggi Jepang tersebut menilai, pembatasan serupa berpotensi akan merugikan perempuan dalam kehidupan sehari-hari. Keputusan tersebut juga dibuat setelah Jepang berada di bawah pengawasan karena kurangnya perlindungan terhadap minoritas seksual dan gender.