Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Kantongi 2 Nama Pengganti Sementara Ridwan Kamil

Fransisco Rosarians Enga Geken
11 July 2023 16:30

Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Cisumdawu. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Cisumdawu. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Masa jabatan Ridwan Kamil dan Ruzhanul Ulum sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat akan habis pada September 2023. Akan tetapi, masyarakat Jawa Barat baru bisa memilih pemimpin barunya dalam Pemilihan Kepala Daerah Serentak tahun depan.

Hal ini menyebabkan kursi gubernur Jawa Barat akan kosong selama lebih dari satu tahun, karena Pilkada  Serentak baru berlangsung pada 27 November 2024.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengklaim sudah menyiapkan sejumlah nama yang akan menjadi pengganti Ridwan Kamil hingga terpilih gubernur dan wakil gubernur definitif. Penjabat Gubernur Jawa Barat ini biasanya berasal dari pimpinan tinggi madya aparatur sipil negara (ASN) atau setara eselon I.

"Satu-dua ada (nama calon Pj Gubernur Jawa Barat)," kata Jokowi saat meresmikan Jalan Tol Cisumdawu seperti dilansir Sekretariat Presiden, Selasa (11/7/2023).

Meski demikian, Jokowi mengklaim belum akan memilih nama tersebut. Dia berdalih, waktu tugas Ridwan Kamil dan Ulum masih tersisa tiga bulan. Dia akan memilih penjabat gubernur tersebut mendekati batas waktu masa tugas pimpinan Jawa Barat tersebut.