Logo Bloomberg Technoz

Penerbangan Bandara Husein Dialihkan ke Kertajati Mulai Oktober

Fransisco Rosarians Enga Geken
11 July 2023 15:30

Presiden Jokowi saat meninjau Bandara Kertajati, Jawa Barat. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi saat meninjau Bandara Kertajati, Jawa Barat. (Tangkapan layar Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah secara bertahap akan mulai memindahkan sejumlah penerbangan komersial di Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, Oktober mendatang. Bandara senilai Rp2,6 triliun yang sudah diresmikan sejak 2018 tersebut akhirnya mulai beroperasi secara penuh.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo atau Jokowi  usai meresmikan Jalan Tol Cisumdawu atau Cileunyi—Sumedang—Dawuan sepanjang 61,6 kilometer. Jalan tol ini akan memperkuat konektivitas Bandara Kertajati karena mampu memangkas waktu tempuh dari dan menuju Bandung sekitar satu jam.

"Dimulai Oktober akan operasi penuh. Artinya, dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati, utamanya untuk yang pesawat jet," kata Jokowi di Bandara Kertajati seperti dilansir Sekretariat Presiden, Selasa (11/7/2023).

Pemerintah juga akan memindahkan secara bertahap operasional pesawat-pesawat bertenaga baling-baling dari Bandara Husein. Jokowi memberikan target pemindahan penerbangan pesawat jenis tersebut maksimal satu tahun atau hingga Oktober 2024.

Meski masih sepi, Jokowi mengklaim, Bandara Kertajati sebenarnya mengalami peningkatan aktivitas. Pada saat ini, bandara ini menjadi salah satu embarkasi resmi penerbangan ibadah haji ke Arab Saudi.