Logo Bloomberg Technoz

Emiten The Ning King ARGO Konversi Utang ke Saham Rp1,62 T

Yunia Rusmalina
11 July 2023 15:20

Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten tekstil milik keluarga The Ning King, PT Agro Pantes Tbk (ARGO) menambah modal dengan cara menerbitkan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu atau private placement. Aksi korporasi ini dilakukan sebagai upaya memperbaiki posisi keuangan perseroan.

Upaya penyehatan kondisi keuangan tersebut dilakukan dengan merestrukturisasi utang subordinasi dan utang konversi dari kreditur yang terafiliasi.

Perseroan sudah menerbitkan 2,84 miliar unit saham baru atau setara 89,43% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan pada 7 Juli 2023. Harga penerbitan saham tersebut Rp570/unit dengan harga nominal Rp500/unit. Artinya nilai penerbitan saham baru tersebut mencapai Rp 1,62 triliun.

Berikut ini daftar kreditur yang mengkonversi utang menjadi kepemilikan saham perseroan:

Dokumen Argo Pantes yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia

Argo Pantes merupakan perusahaan tekstil milik taipan The Ning King,  yang bernama asli Harjanto Tirtohadiguno merupakan pendiri grup Argo Manunggal dan pemilik PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI). Dia digugat oleh PT HJF Investment Indonesia ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat (Jakpus) dengan perkara wanprestasi.