Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Tol Cisumdawu, Bidik Investasi Asing di Kertajati

Wike Dita Herlinda
11 July 2023 12:10

Presiden Jokowi meninjau salah stu proyek jalan tol. (dok Presidenri.go.id)
Presiden Jokowi meninjau salah stu proyek jalan tol. (dok Presidenri.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Jalan Tol Cileunyi—Sumedang—Dawuan (Cisumdawu) setelah proyek tersebut tertunda selama 12 tahun. Jalan tol tersebut pun diharapkan menjadi gerbang investasi bagi Bandara Internasional Kertajati.

“Jalan Tol Cisumdawu sudah selesai dan segera siap untuk dioperasikan. Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang [Cikampek–Purwakarta–Padalarang] ke Tol Cipali [Cikopo—Palimanan]. Supaya kita semua tahu, Jalan Tol Cisumdawu ini sudah mulai dibangun sejak 2011, artinya sudah 12 tahun,” ujarnya saat meresmikan tol tersebut, Selasa pagi (11/7/2023), dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Kepala Negara, lamanya durasi pengerjaan tol tersebut terkendala urusan pembebasan lahan. Terlebih, tol tersebut melewati terowongan kembar dengan panjang 472 meter, atau satu-satunya jalan bebas hambatan di Indonesia yang melalui twin tunnel.

“Pembangunan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp18,3 triliun. [Dana] yang dari pemerintah Rp9,07 triliun, sisanya dari swasta melalui KPBU [kerja sama pemerintah dan badan usaha],” terang Jokowi.

Lebih lanjut, dia mengatakan beroperasinya Jalan Tol Cisumdawu diharapkan mempermudah konektivitas menuju ke Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.