Logo Bloomberg Technoz

Rutte mengajukan pengunduran diri kepada Raja Belanda, Willem-Alexander. Debat soal runtuhnya kabinet diadakan Senin ini di parlemen Belanda. Rutte akan memulai debat, yang dijadwalkan dimulai pukul 10:15, dengan sebuah pernyataan.

2. Kapan pemilu digelar?

Hari pemungutan suara akan diadakan paling cepat pertengahan November, menurut dewan pemilu negara itu pada Jumat. Hal ini mengingat undang-undang Belanda memberi waktu bagi partai-partai baru untuk mendaftar dan mengatur tempat pemungutan suara. Kabinet akan tetap melakukan beberapa tugas dan fungsi pemerintahan sampai pemerintahan reguler dipilih.

3. Akankah Rutte maju lagi?

Ada peluang bagi Rutte, yang berusia 56 tahun itu, mencalonkan diri lagi untuk mengejar masa jabatan kelima. Dia adalah PM terlama yang menjabat di Belanda dan masih populer di masyarakat Belanda.

4. Bagaimana peluang Rutte di pemilu?

Beberapa jajak pendapat menunjukkan partai Rutte tetap memimpin dan bahwa dia bisa menang dengan menyatukan koalisi yang berbeda. Namun, di sisi lain, Rutte juga mengalami hasil pemilihan Senat terburuk tahun ini karena Gerakan Petani-Warga, atau BBB menentang dorongan pemerintah untuk mengurangi separuh emisi nitrogen. Rutte mungkin beralih ke sayap kanan untuk mitra koalisi yang lebih sinkron dengan sikap barunya tentang migrasi. Kebijakan lingkungan, termasuk krisis nitrogen, juga akan menjadi topik penting untuk setiap kesepakatan.

5. Apa dampaknya bagi kebijakan di Belanda?

Pembuatan kebijakan di Belanda kemungkinan akan terhenti. Beberapa kebijakan penting yang akan menggantung adalah soal pasar perumahan, target iklim, dan nitrogen. Rutte berjanji bahwa kabinet sementara ini akan terus mendukung Ukraina dalam invasi Rusia.

6. Akan seperti apa kampanye Rutt ke depan?

Kemungkinan besar Rutte akan mencoba mempertahankan perdebatan soal migrasi. Runtuhnya koalisi itu terjadi di tengah meningkatnya sentimen anti-migrasi, yang seringkali dipicu oleh Geert Wilders dari Partai Kebebasan, yang menjadi terkenal karena sikap anti-Islamnya. Wilders telah mengisyaratkan dia bersedia bekerja dengan Rutte.

Meski demikian, pemerintah telah menghadapi banyak masalah di masa kepemimpinannya, termasuk kurangnya perumahan yang terjangkau dan kemerosotan perawatan kesehatan dan pendidikan di tengah kekurangan tenaga kerja. Rutte juga menghadapi kemarahan para petani Belanda lantaran pemerintah ingin mengurangi separuh produksi nitrogen pada tahun 2030.

7. Apakah ada dampaknya bagi kontrol ekspor dari ASML Belanda ke China?

AS telah berupaya menekan Belanda dan negara-negara lain untuk membantu menghentikan China mengembangkan lebih lanjut industri cipnya sendiri. Para pejabat dari Belanda dan Jepang pada prinsipnya setuju untuk hal itu dan akan membatasi pengiriman dari ASML Holding NV ke China mulai 1 September mendatang.

(bbn)

No more pages