Logo Bloomberg Technoz

Alasan DPR Tunjuk Agusman dan Hasan Fawji Jadi DK OJK

Sultan Ibnu Affan
10 July 2023 19:20

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi XI DPR telah resmi memilih dua anggota baru Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) usai melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test atas empat calon anggota.

Kedua orang tersebut yakni Agusman yang ditunjuk menjadi Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro (LKM), dan Lembaga Jasa Keuangan (LJK) Lainnya merangkap Anggota DK OJK dan Hasan Fawzi menjabat Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan (ITSK), Aset Keuangan Digital dan Kripto merangkap Anggota DK OJK.

Wakil Ketua Komisi XI RI Dolfie Othniel Fredric Palit mengatakan bahwa penetapan tersebut dilakukan setelah melalui hasil rapat internal Komisi XI yang dilakukan secara tertutup. Dari hasil tersebut, kata Doli, pihak Komisi XI telah memutuskan secara musyawarah mufakat.

"Agusman dan Hasan Fawzi, masing-masing menyampaikan pandangannya. [mereka] itu yang terbaik. Musyawarah mufakat (tidak ada voting)," ungkap Dofie dalam keterangannya kepada Bloomberg Technoz, Senin (10/7/2023).

Politikus PDI Perjuangan itu juga mengatakan bahwa Agusman dan Hasan dianggap punya latarbelakang yang mumpuni dan mempunyai kompetensi dibidangnya masing-masing. Makanya, mereka dianggap telah bisa membantu Mahendra Siregar dkk.