Logo Bloomberg Technoz

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata mengatakan kenaikan tukin tiga lembaga negara tersebut merupakan merupakan bentuk apresiasi Jokowi terhadap kinerja para PNS yang telah melakukan reformasi di lembaganya masing-masing.

Isa mengatakan, apresiasi serupa tentunya juga akan diberikan terhadap PNS K/L lainnya apabila mereka telah melakukan capaian kinerja masing-masing pegawai. 

"Hal serupa juga akan didorong di K/L lain, namun semuanya melalui suatu proses penilaian yang dikoordinasikan oleh Kemenpan RB," kata Isa dalam konferensi pers realisasi APBN KiTa, Senin (26/6).

Isa mengatakan anggaran untuk kenaikan tukin yang disediakan tahun ini menggunakan anggaran K/L masing-masing yang sudah tersedia. Sehingga tidak ada lagi penambahan anggaran yang harus dikeluarkan Kementerian Keuangan untuk tiga instansi tersebut. 

"Untuk tahun-tahun mendatang anggaran tukin akan disesuaikan dengan penambahan masing-masing K/L. Untuk K/L lain apabila dinilai kinerjanya bagus, tentu akan dilakukan kenaikan tukin serupa," kata Isa.

Sebelumnya Presiden Jokowi telah menyetujui kenaikan tukin untuk tiga kementerian.  Tukin diberikan kepada pegawai dengan kelas jabatan 1 sampai 17. Nilai tukin yang diberikan untuk setiap kelas jabatan adalah senilai Rp2,57 juta hingga Rp41,55 juta.

(ibn/frg)

No more pages