Logo Bloomberg Technoz

Capai Rp21,5 T, Belanja Kemenhan Paling Tinggi di Semester I 2023

Sultan Ibnu Affan
10 July 2023 18:20

Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers APBN Kita Edisi Juni 2023. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat konfrensi pers APBN Kita Edisi Juni 2023. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani pemerintah telah menggelontorkan Rp147,4 tirliun untuk keperluan belanja barang Kementerian dan Lembaga (K/L) selama semester I tahun ini. 

Dari total tersebut, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) pimpinan Prabowo Subianto paling banyak menyerap belanja, yakni menyentuh Rp21,5 triliun hingga semester I 2023.

“Untuk belanja barang, ini yang sempat disampaikan Bapak Presiden (Joko Widodo) di sidang kabinet, (Realisasinya) Rp147,4 triliun belanja, naik 2%. Kalau kita lihat komponen yang paling dominan dari belanja barang adalah di Kemenhan, Rp21,5 triliun,” Kata Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Sri Mulyani merinci bahwa penggunaan uang negara oleh Kemenhan itu bakal digunakan untuk pemeliharaan, perawatan, dan peningkatan barang milik negara matra darat, laut, udara, Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista), dan pelayanan kesehatan.

“Dengan Kemenhan banyak membeli alat-alat sistem pertahanan, banyak alat sistem pertahankan, maka konsekuensinya belanja barang akan meningkat setiap tahunnya, karena peralatan itu harus dipelihara setiap tahunnya.” jelasnya.