Logo Bloomberg Technoz

"Selain laporan tersebut, ketidakpatuhan ini juga disoroti oleh Buro Happold dalam sebuah surat terpisah," tulis perusahaan Inggris tersebut.

Anies Baswedan bersilaturahmi ke rumah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono. (Instagram @aniesbaswedan)


Pemerintah Akan Renovasi JIS

JIS adalah stadion megah yang dibangun pada era Gubernur Anies Rasyid Baswedan. Pembangunan stadion ini bahkan terus berjalan meski pemerintah provinsi DKI Jakarta saat itu tengah kesulitan anggaran karena harus menangani pandemi Covid-19. Saat itu, Anies diduga ngotot menyelesaikan dan meresmikan JIS sebelum lengser, Oktober 2022.

Hal ini membuat JIS cukup identik dan menjadi salah satu warisan kepemimpinan Anies. Sesuai namanya, stadion ini digadang berkelas internasional dan akan menjadi lokasi pertandingan sejumlah klub dunia. Akan tetapi, hingga saat ini, stadion tersebut lebih banyak tercatat sebagai tempat konser musik, pagelaran acara, dan kegiatan keagamaan.

Langkah pemerintah merenovasi JIS menjadi memiliki nuansa politis. Hal ini dianggap sebagai cara menjegal Anies yang maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2024. Anies sendiri memang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang berisi partai oposisi pemerintah yaitu Partai Demokrat, PKS, dan Partai Nasdem.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir telah melakukan peninjauan lokasi bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono; serta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Dalam kegiatan tersebut, pemerintah memutuskan akan mencabut semua rumput pada JIS dan mengganti dengan rumput yang lebih memenuhi kriteria FIFA. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan renovasi infrastruktur termasuk membangun lima akses tambahan untuk penonton.

(frg)

No more pages