Logo Bloomberg Technoz

Perusahaan Inggris Buro Happold Sebut JIS Tak Sesuai Desain Awal

Fransisco Rosarians Enga Geken
10 July 2023 18:00

Jakarta International Stadium (Dok. PT Jakarta Propertindo)
Jakarta International Stadium (Dok. PT Jakarta Propertindo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) melibatkan perusahaan konsultan desain asal Inggris, Buro Happold. Perusahaan ini turut membangun sejumlah proyek dengan desain cangih seperti Stadion Tontemham Hotpurs; gedung pertunjukan Swansea Arena; American Museum of Natural History Richard Gilder; dan Sharjah Safari Park.

Berdasarkan rekam jejak, perusahaan ini tentu mengetahui dan berpengalaman membangun sebuah stadion sepak bola yang memenuhi standard Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA. Lantas, kenapa JIS belakangan justru disebut tak memenuhi kualifikasi FIFA untuk menjadi salah satu lokasi pertandingan Piala Dunia U-17?

Pada laman resmi perusahaan, Buro Happold mengatakan, tak terlibat dalam pembuatan desain dan pembangunan fisik JIS. Perusahaan tersebut mendapat kontrak untuk membantu memberikan konsultasi dan panduan desain stadion, pada Desember 2018 hingga Maret 2019.

"Mencakup persiapan panduan desain konsep, penilaian teknis dan komersial, konsep masterplan untuk area sekitar dan peta jalan implementasi," tulis Buro Happold saat diakses, Senin (10/7/2023).

Pada saat pembangunan JIS, perusahaan tersebut kembali diminta meninjau ulang desain yang telah dirancang perusahaan konsultan lokal. Buro Happold pun mulai mengidentifikasi adanya beberapa area atau bidang pengerjaan yang tak sesuai dengan panduan konsep desain yang diberikan pada awal.